Modul PPKn Kelas 9 Semester 1 | Contoh Perbandingan Dinamika Masyarakat Dengan Praktik Ideal Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa
a. Tujuan Kegiatan Pembelajaran
Melalui pembelajaran daring
dengan menggunakan aplikasi Whatsapp, Google classrom, Google Form, Branly dan Quizzi peserta didik
mampu :
·
Menunjukkan rasa syukur
terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam mewujudkan Pancasila sebagai dasar negara
dan pandangan hidup bangsa.
·
Menunjukkan sikap
bangga akan tanah air sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar
negara dengan penuh rasa kepedulian
·
Mendeskripsikan
penerapan Pancasila sebagai dasar negara dari Masa ke Masa
dengan baik dan benar
·
Mendeskripsikan usaha
usaha untuk merubah pancasila sebagai dasar Negara
·
Menceritakan Penerapan
Nilai-nilai Pancasila sesuai dengan Perkembangan Zaman Membandingan Dinamika
Masyarakat Dengan Praktik Ideal Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan
Hidup Bangsa secara baik dan benar
·
Menuliskan
Perwujudan Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan dengan baik dan benar
·
Menyusun dan menyajikan
berbagai Karya Inovatif hasil telaah tentang
dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa serta
peran tokoh nasional dalam perwujudan Pancasila
sebagai dasar Negara dengan penuh rasa tanggung jawab
b. Uraian
Materi
Materi ini sebagai pengantar bagi siswa untuk mampu
membandingkan antara peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat
dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
(3.1), serta mampu merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang
peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat terkait penerapan Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup
bangsa (4.1).
Pembahasan ini terbagi dalam 5 bagian yakni a)
Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup; b) Penerapan Pancasila dari Masa Ke masa c)
Dinamika Nilai-Nilai Pancasila Sesuai dengan Perkembangan Zaman; d) Contoh
Perbandingan Dinamika Masyarakat Dengan Praktik Ideal Pancasila Sebagai Dasar
Negara dan Pandangan Hidup Bangsa; dan e) Perwujudan Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan
D.
Contoh Perbandingan Dinamika Masyarakat Dengan Praktik Ideal
Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.
Perbandingan dinamika yang terjadi di masyarakat dengan
praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dapat
dilakukan melalui penelitian dari penelitian yang sederhana hingga penelitan
yang kompleks. Berikut ini contoh pebandingan dinamika yang terjadi di masyarakat
dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
No |
Harapan Sesuai Nilai Pancasila |
Kenyataan |
1 |
Bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa |
Masih
banyak orang-orang yang lalai dalam beribadah |
2 |
Mengakui
persamaan harkat derjat dan martabat manusia |
Masih
terdapat orang-orang yang merendahkan orang lain. |
3 |
Mengutamaka
persatuan dan kesatuan |
Masih
banyak tawuran antar pelajar, tawuran antar kampong, konflik intern dan antar
pengurus partai, maih banyak korupsi, dan lainnya |
4 |
Mengutamakan
musyawarah untuk mufakat |
Masih
terdapat anggota masyarakat yang memaksakan kehendaknya kepada orang lain |
5 |
Menjungjung
tinggi keadilan |
Masih
banyak anggota masyarakat dan pejabat Negara yang tidak bersikap adil,
kebijakan yang cenderug mengutungkan golongan, dan lainnya |
Contoh analisis sederhana: Sila Persatuan Indonesia mempunyai
maksud mengutamakan persatuan atau kerukunan bagi seluruh rakyat Indonesia yang
mempunyai perbedaan Agama, Suku, Bahasa dan lain-lainnya dapat disatukan
melalui sila ini. Sila Persatuan Indonesia juga menempatkan
masyarakat Indonesia pada persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan
keselamatan Bangsa dan Negara di atas kepentingan pribadi dan golongan. Namun
sayangnya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum paham betul akan arti dari
nilai persatuan tersebut sehingga sering menimbulkan pertingkaian antar
masyarakat. Contoh konflik yang sudah terjadi dimasyarakat karena kurangnya rasa kesadaran
akan adanya persatuan misalnya tawuran antar pelajar yang terjadi di mana-mana,
tawuran antar kampong, dan masih banyak lagi konflik yang sudah kita
dengar/lihat diberbagai media massa. Sebenarnya konflik yang terjadi selama ini
dapat diatasi atau dicegah bilamana semua masyarakat indonesia menanamkan nilai
persatuan dan kesatuan tanpa membedakan agama,suku,ras, dll dalam pergaulan
dikehidupan sehari-hari. Karena kita semua tinggal di Negara & Bangsa yang
sama yaitu Indonesia. Selain itu pemerintah & elemen-elemen penting negara
lainnya harus ikut serta dalam menjaga keamanan negara agar tercipta kerukunan
seluruh rakyat indonesia. Paham kebangsaan Indonesia adalah dijiwai oleh
Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab, sehingga
persatuan Indonesia itu tidak sempit tapi dapat diartikan menghargai seluruh
perbedaan yang ada baik dalam negeri maupun luar negeri . Maka dari itu
tidaklah begitu sulit jika mulai dari sekarang sebagai individu yang bertuhan
dan berperi kemanusiaan untuk saling menghargai perbedaan satu sama lain dengan
menyelaraskan pada nilai Persatuan Indonesia.
Tugas
Pembelajaran ke 4
Buatlah laporan Kinerja dalam penyelesaian Masalah (Solusi) terkait dinamika kehidupan sosial masyarakat yang masih
terdapat ketidaksesuaian dari praktek ideal
dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila!
Ø Laporan di
tik pada Microsoft Word atau Word Document lalu kirimkan ke ruang
tugas google clashroom atau No.
Pribadi What Apps Guru Pengampu / Guru PKn
Ø Jika kalian
tidak memiliki perangkat Komputer, Netbook atau Laptop, maka Laporan boleh di
tulis tangan dengan mengunggah / Upload foto hasil kerja kalian lalu kirim ke ruang
tugas google clashroom atau No.
Pribadi What Apps Guru Pengampu / Guru PKn
Tidak ada komentar untuk "Modul PPKn Kelas 9 Semester 1 | Contoh Perbandingan Dinamika Masyarakat Dengan Praktik Ideal Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa"
Posting Komentar